Home » Peluang Bisnis » Sukses Berusaha Peternakan Kelinci

Sukses Berusaha Peternakan Kelinci

Aug
15
2012
by : Bali Web Desain . Posted in : Peluang Bisnis

Banyak cara atau jalan untuk mencapai kesuksesan jika dijalani dengan fokus dan tekun. Salah satu contohnya yaitu dengan cara beternak kelinci. Mengapa berternak kelinci bisa dianggap usaha yang bagus, karena selain cara membudidayakan kelinci tidak begitu sulit, untuk mencari makannya pun tidak perlu sulit dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena makanan dari binatang ini adalah rumput dan tambahan katul supaya kelincinya gemuk.

Jika anda ingin membuka usaha perternakan kelinci, anda harus mempelajari bagaimana cara perawatan kelinci dan apa-apa saja yang perlu dilakukan jika kelinci itu sakit, selain itu anda juga mesti mengunjungi para peternak kelinci yang sudah lama membuka usaha kelinci,dan menanyakan mengenai usaha itu.

Usaha berternak kelinci prospeknya sangat bagus, Karena tidak hanya daging kelinci saja yang bermanfaat, kotoran dan urinenya pun bisa laku dijual. Dilihat dari segi produksinya, sepasang induk kelinci bisa menjalani 3 kali kawin dalam setahun, setelah 1 bulan kelinci hamil, lahir hingga usia anakan 2 bulan dapat dijual, dan 1 minggu sampai 10 hari, induk kelinci sudah bisa dikawinkan lagi. Dalam 1 kali melahirkan induk kelinci bisa menghasilkan anak 6 sampai 7 ekor anak kelinci.

Bibit  Kelinci sangat bermacam-macam jenisnya ada yang berjeniskan Ram yaitu kelinci peternak atau pembibit, Jenis bigon, khusus untuk kelinci pedaging. Modal yang perlu dikeluarkan hanya untuk membuat kandangannya, dan untuk biaya pembibitan,dan untuk pakanannya cukup rumput dan katul untuk tambahan saja.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam berternak kelinci:

Penyakit
Selain itu anda juga mesti mengetahui penyakit kelinci dalam beternak kelinci kebersihan harus tetap terjaga supaya kelinci yang anda ternak tidak terjangkit penyakit seperti gudik atau korengan, jika kelinci tejangkit penyakit itu cupuk disuntikkan wermaisin yang dapat mengeringkan korengnya.

Pemasaran
Sebelum anda melakukan kegiatan penjuala/pemarasan,sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan peternak kelinci yang sudah sukses, karena para pengusaha atau peternak kelinci seringkali menumukan kesulitan dalam menanggapi keinginan dan permintaan konsumen.

Usahakan tidak ada rasa persaingan antar peternak kelinci, agar bisa saling membantu jika dalam menjalani kesulitan yang terjadi, misalnya peternak kelinci yang baru membuka usahanya mengalami kesulitan dalam memasarkannya, diharapkan peternak kelinci yang sudah lama menjalankan usaha ini bisa membantu.

Harga
Dan untuk harganya tergantung dari usia kelincinya, misalkan kalau usia kelincinya sekitar 2 bulanan itu bisa laku dijual dengan harga Rp 170.000/pasang tergantung besar kecilnya juga.

Jika dalam 1 bulan bisa laku 50 pasang kelinci berusia 2 bulanan, jadi anda sudah mendapatkan uang senilai Rp 8.500.000. Jadi berternak kelinci sangatlah menguntungkan.

Semoga ini Bisa memotivasi anda untuk membuka suatu usaha apapun.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

News

Kategori

Arsip

Statistik

Info Bisnis via Email

Dapatkan Informasi Bisnis Terbaru Langsung ke Email Anda Gratis


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bali Web Design
Jalan Tukad Otan No. 21, Panjer, Denpasar - Bali
Phone 081936342436
Copyright © 2012