Home » Tips dan Motivasi » Cara Berpikir Sederhana Dalam Menghadapi Masalah

Cara Berpikir Sederhana Dalam Menghadapi Masalah

Aug
12
2012
by : Bali Web Desain . Posted in : Tips dan Motivasi

Sejauh ini kita sering menganggap bahwa untuk berpikir secara sederhana itu adalah hal yang kelihatannya sangat mudah.Tetapi tidak banyak solusi sederhana yang malah terlewatkan dalam pikiran kita.

Jadi kita tidak sadar untuk menghadapi suatu masalah yang sebenarnya sederhana,kita malah menggapnya adalah hal yang sulit.Bahkan terkadang kita sering mengambil jalan yang rumit.Mungkin dengan kisah-kisah dibawah ini bisa memotivasi pikiran anda dan anda akan mampu berpikir yang sederhana dalam menghadapi masalah.

Fokus pada Solusi dari MasalahPendeteksi Kotak Sabun
Contoh kisah yang pertama yaitu tentang adanya kotak sabun yang tidak terisikan sabun alias kosong, yang menimpa salah satu perusahaan kosmetik di Indonesia. Perusahaan tersebut mendapat keluhan dari para konsumen langganannya, karena barang yang mereka produksi ada yang dalam keadaan kosong.

Kemudian si pemilik usaha tersebut membicarakannya dengan karyawannya yang bertugas di bagian pembungkusan atau pengepakan. Mungkin karena sesuatu hal,mereka tidak mengetahui ada kotak sabun yang tak terisikan sabun. Pemimpin perusahaan itu pun meminta agar karyawannya ikut memikirkan bagaimana solusinya untuk memecahkan masalah ini.

Dengan sigap dan cepat, para karyawan bergiat untuk menciptakan alat yang berupa sonar yang dilengkapi dengan layar untuk mendeteksi semua kotak sabun yang sudah dipak/dibungkus. Akan tetapi untuk menciptakan alat tersebut dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Namun saat menghadapi masalah dana untuk pembuatan alat tersebut, ada salah seorang karyawan dengan masalah yang sama karyawan yang berpikir sederhana dengan mengeluarkan solusi untuk mengatasai kotak sabun yang kosong.

Ia menggunakan kipas angin sebagai alatnya yang anginnya cukup besar kemudian dihubungkan ke listrik,caranya dia menaruh kipas angin tersebut di tempat pengepakan, lantas dijalankan kotak sabun itu di depan kipas angin yang menyala tersebut.Jika da kotak sabun yang kosong,maka kotak sabun itu akan keluar dari deretan pengepakan.Karena kotaknya terbuat dari kertas yang ringan.

Jadi dalam keadaan kotak kosong ditiup angin kotak tersebut langsung keluar dari deretan pengepakan dan jatuh.

Apa yang bisa kita tarik dari cerita diata ?

Disaat kebanyakan orang berifikir dan terpaku pada kekuatan besar, semua hal yang ribet dan bermodal, maka tidak halnya dengan si karyawan yang sangat berfikir sederhana. Karena mengetahui bahwa kotak sabun tersebut ringan makan akan mudah diterbangkan angin. So, Ngga perlu ribet, tinggal gunakan kipas angin.

Mungkin Anda punya pengertian berbeda, semoga intinya sama ya, berikan komentar And pada kolom dibawah tentang cerita ini.

Bolpoin Luar Angkasa

Suatu hari NASA mengirimkan Roket yang didalamnya terdapat beberapa astronot yang akan diterbangkan ke luar angkasa. Saat berada diluar angkasa dan mereka hendak menulis sesuatu menggunakan bolpoin,bolpoin itu malah tidak berfungsi.Mereka menemukan bahwa tinta dari bolpoin tersebut tidak dapat mengalir,sehingga tidak berfungsi di titik gravitasi nol.

Kemudian dengan menemukan masalah tesebut,saat kembali mereka mendiskusikannya dengan pihak NASA.dan mereka berencana untuk mengembangkan dan menemukan solusi dari masalah bolpoin tersebut. Mereka membutuhkan banyak waktu dan dana yang cukup banyak untuk memecahkannya. Kemudian terciptalah sebuah bolpoin yang bisa berfungsi di saat gravitasi nol, dalam keadaan terbalik,di dalam air,dan dalam keadaan temperatur beku sampai lebih dari 300° Celcius.

Lift super Sibuk

Kisah yang Terakhir datang dari seorang pemilik hotel yang mendapatkan komplain dari sang tamu. Sang tamu membentak pemilik hotel karena untuk masuk ke lift mereka membutuhkan waktu yang lama, seiring dengan bertambahnya tamu di hotel tersebut.

Kemudian Pemilik hotel itu mengundang seluruh staf dan pegawai hotel untuk merundingkan masalah tersebut. Lantas Seorang karyawan menyarankan untuk menambahkan lift. Ada lagi seorang karyawan yang memberikan saran untuk mengganti lift yang lama dengan lift yang baru dan yang lebih cepat, Semakin cepat lift, semakin cepat juga orang terlayani. Kedua solusi tersebut tentulah tidak memerlukan biaya yang sedikit.

Tetapi salah seorang staf hotel memberikan saran yang cukup simple yakni menambahkan kaca cermin didepan lift sehingga perhatiannya bisa teralihkan. Karena komplain mereka hanya mereka merasa sangat lama untuk menunggu didepan lift.

Inti dari kisah ini yaitu Sebuah filosofi yang dikenal dengan KISS (Keep It Simple Stupied), yakni Belajarlah untuk berfikir sederhana untuk mendapatkan solusi terbaik, dan cobalah untuk merangkai semua saran dan cara untuk memecahkannya. Oleh sebab itu kita mesti fokus untuk belajar mencari solusi dari pada fokus terhadap masalah.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

News

Kategori

Arsip

Statistik

Info Bisnis via Email

Dapatkan Informasi Bisnis Terbaru Langsung ke Email Anda Gratis


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bali Web Design
Jalan Tukad Otan No. 21, Panjer, Denpasar - Bali
Phone 081936342436
Copyright © 2012