Home » Tips dan Motivasi » 5 Hal yang harus Anda persiapkan dengan matang sebelum memulai usaha

5 Hal yang harus Anda persiapkan dengan matang sebelum memulai usaha

Jul
28
2012
by : Bali Web Desain . Posted in : Tips dan Motivasi

Pada saat anda sudah mendapatkan suatu konsep bisnis yang hendak anda kembangkan, biasanya anda tidak mengatahui apa yang mesti anda lakukan sebelum anda memulai usaha tersebut. Disini akan diterangkan langkah-langkah yang mesti dilakukan sebelum memulai suatu usaha. Kenapa hal ini mesti dilakukan ? sebab hal ini akan dapat membantu anda dalam membuka suatu usaha dan mengurangi kesalahan dan kerugian akibat dari kesalahan dalam merencanakan nya

5 hal penting sebelum memulai usaha

5 hal penting sebelum memulai usaha

Umumnya ada 5 hal yang mesti anda pertimbangkan sebelum anda memulai usaha seperti:

  1. Produk.
  2. Sistem Manajemen.
  3. Analisa Pasar / Konsumen.
  4. Strategi Pemasaran.
  5. Analisa Keuangan.

Produk
Yang pertama harus anda lakukan yaitu mempertimbangkan masalah produk,antara lain:

  • Anda harus mengetahui apa kelebihan produk buatan anda dengan produk orang lain ?
  • Anda harus mengetahui apakah produk yang anda buat mempunyai daya jual yang tinggi ?
  • Terus bagaimana cara anda mendapatkan bahan baku dan berapa banyak biaya yang diperlukan untuk mendapatkan bahan baku tersebut?
  • Dan apakah anda menggunakan teknologi dalam proses pembuatan produk ?
  • Siapa saja yang bisa melakukan proses pembuatan tersebut, apakah memerlukan seorang yang ahli atau dapat dilakukan oleh semua orang ?
  • Jika memang bisa dilakukan oleh semua orang, bagaimana cara anda untuk mengajarkan mereka agar bisa membuat suatu produk dalam usaha anda?
  • Apakah anda sudah memikirkan tentang bagaimana untuk membuat kemasan yang menarik ?

Sistem Manajemen
Yang termasuk kedalam system manajemen ini adalah:

Siapa yang membuka usaha ini dan siapa pemilik usaha ini? Apabila ada orang selain anda, bagaimana tugas dan wewenangnya. Dengan hal seperti ini pemilik usaha disarankan untuk memakai system kepemimpinan yang bersifat tunggal.Mengapa demikian?Supaya tidak ada kebijakan yang saling bertumpang tindih antara yang satu dan yang lain,dan pembagian tugas yang jelas.

Bagaimana dengan system operasionalnya ? Apakah dibutuhkan waktu dalam mempersiapkan produk yang anda buat dan apakah anda perlu waktu dalam mengantar produk tersebut ?

  • Jika memang benar anda memasarkannya melalui pengiriman, apakah ada tahap pengepakan atau pengemasan produk agar tidak terjadi kerusakan?
  • Dan bagaimana anda menjalurkan system operasionalnya, apakah itu dimulai dari anda mendapatkan bahan baku, hingga produk anda laku di kalangan industri dan mempunyai pelanggan tetap?

Menganalisis Pasar
Penting bagi anda yang baru memulai usaha untuk mengetahui pasaran,dengan cara menganalisis semua pasar. Dan mengetahui siapa saja yang akan menjadi konsumen anda.Apakah anda sudah pernah mengujicobakan produk anda ke konsumen? Bagaimana pendapat mereka tentang produk anda?

Jika semua itu sudah dikerjakan dan mendapatkan hasilnya. Langkah yang harus anda lakukan selajutnya adalah mengetahui keinginan lain dari konsumen dalam menikmati produk anda. Dan bagaimana anda melakukan pelayanan yang memuaskan konsumen.

Strategi Pemasaran
Sesudah anda menganalsis pasar dan mengetahui bagaimana sutuasi dan kondisi pasar dari produk anda. Anda dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan pasaran saat ini. Berikutnya yang harus anda siapkan untuk melakukan strategi pasar ini:

  • Apa nama merek produk anda.Dan apakah merek tersebut cukup terkenal.
  • Anda mesti menjelaskan kepada konsumen bagaimana strategi penjualan produk ini.jika anda menggunakan salesman. Bagaimana cara anda supaya salesman dapat menjual produk anda.
  • Melakukan promosi ! Promosi merupakan hal yang paling penting untuk memberitahukan konsumen tentang produk anda.
  • Bagaimana konsumen dapat membeli produk anda?Apakah mereka perlu mendatangi toko anda,atau anda yang akan mendatangi para konsumen.Jika anda membuka usaha di toko.Usahakan agar toko anda dekat dan mudah dijangkau oleh konsumen.Apabila anda mendatangi konsumen,dengan cara bagaimana anda melakukannya?Apakah anda melakukan penjualan secara langsung atau melalui tangan orang lai/salesman.

 

Analisa Keuangan
Yang terakhir harus anda lakukan adalah mempertimbangkan tentang masalah keuangan,seperti:

  • Dari mana anda mendapatkan dana untuk membuka usaha ini. Jika itu dari anda sendiri dan bagaimana kalau anda mempunyai banyak produk, berapa harga yang harus anda targetkan dalam setiap produk, dan berapa banyak target dari setiap penjualan?
  • Berapa harga pokok dari produk anda, termasuk juga harga pembelian bahan baku, biaya pengiriman dan upah setiap karyawan.
  • Berapa biaya yang dikeluarkan setiap bulannya untuk menjalankan usaha ini ?
  • Berapa keuntungan bersih yang anda dapatkan setiap bulannya, apakah keuntungan itu sepadan dengan biaya yang anda keluarkan?

Itulah hal-hal yang mesti anda lakukan untuk memulai suatu usaha. Terima Kasih.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

News

Kategori

Arsip

Statistik

Info Bisnis via Email

Dapatkan Informasi Bisnis Terbaru Langsung ke Email Anda Gratis


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Bali Web Design
Jalan Tukad Otan No. 21, Panjer, Denpasar - Bali
Phone 081936342436
Copyright © 2012